Jumat, 03 Desember 2010

Anyang-anyangan (Jawa) atau Jeungjeuriheun (Sunda)

Kenapa bisa mengalami yang namanya Anyang-Anyangan (Jawa) atau Jeungjeuriheun (Sunda) ??


Anyang-anyangan adalah perasaan seperti ingin buang air kecil namun saat dikeluarkan alirannya tidak lancar (keluar sedikit-sedikit), kadang disertai dengan rasa nyeri (panas). Anyang-anyangan ini seringkali disebabkan karena adanya infeksi pada saluran kemih (kencing). Pada wanita karena saluran yang menyalurkan air seni dari kandung kemih sangat pendek ditambah dengan kebiasaan membasuh kemaluan (cebok) dengan air yang kurang terjamin kebersihannya maka sering terkena infeksi saluran ini. Penyebab terseringnya adalah bakteri, namun dapat juga disebabkan oleh sebab lain seperti jamur. Infeksi ini seringkali mengalami kekambuhan.



Karena letaknya kandung kemih yang sangat dekat dengan rahim, maka adanya infeksi di kandung kemih dan salurannya dapat mengganggu kontraksi dari rahim pada saat menstruasi, sehingga menstruasi menjadi tidak lancar.

Untuk mengatasi infeksi saluran kemih ini harus diberikan pengobatan dengan antibiotik yang adekuat. Sehingga kuman yang ada dapat diberantas dan tidak menyebabkan kekambuhan. Selain itu kebiasaan yang kurang baik yaitu sering membasuh alat kelamin dengan air yang kurang terjamin kebersihannya seperti di toilet umum juga harus diperhatikan.

Anyang-anyangan ini pun bisa di sebabkan karena tubuh kita mengalami kedinginan sehingga merangsang untuk lebih sering membuang air kecil.
Cara mengatasinya bisa dengan membasuh alat kelamin dengan air hangat semu panas dan juga meminum air hangat agar tubuh berasa hangat kembali.

Jika belum dapat teratasi maka diperlukan kultur dari organisme yang menyebabkan infeksi berulang ini. Sehingga ada baiknya Anda mendatangi dokter untuk mendapatkan pengobatan yang sesuai.


 *Enjoy Misu*



Referensi : http://cafeasik.com/woman-corner/love/kok-saya-sering-anyang-anyangan.html

2 komentar:

  1. nice infoh..

    BalasHapus
  2. Solusinya bukan seperti itu....!!!!! Trus kalo penyakitnya terjadi tengah malem brarti kita harus ke dokter tengah mlm gitu...???!!! Kalo gak niat bikin artikel gausah bnyk cingcong dulu.

    BalasHapus