Senin, 13 Desember 2010

Cara Mengobati Asam Urat dan Manfaat Daun Salam

Cara Mengobati Asam Urat dan Manfaat Daun Salam

Daun salam biasa dimanfaatkan oleh masyarakat Indonesia sebagai pelengkap bumbu dapur. Selain daun yang dipakai sebagai bumbu, kulit pohonnya biasa dipakai sebagai bahan pewarna jala atau anyaman bambu. Perbanyakan tumbuhan ini bisa dilakukan dengan biji, cangkok, atau stek.
Menurut Prof Hembing Wijayakusuma dalam bukunya Tumbuhan Berkhasiat Obat:
Rempah, Rimpang, dan Umbi, pohon salam memiliki berbagai khasiat obat yang dapat dimanfaatkan dalam kehidupan sehari-hari.
Pohon salam bisa dimanfaatkan untuk mengatasi asam urat, stroke, kolesterol tinggi, melancarkan peredaran darah, radang lambung, diare, gatal-gatal, kencing manis, dan lain-lain. Kandungan kimia yang dikandung tumbuhan ini adalah minyak atsiri, tannin, dan flavonoida. Bagian pohon yang bisa dimanfaatkan sebagai obat adalah daun, kulit batang, akar, dan buah.
  • Mengatasi asam urat yang tinggi, 10 lembar daun salam direbus dengan 700 cc air hingga tersisa 200 cc, kemudian airnya diminum selagi hangat bisa diminum setiap hari tiap pagi dan sore.
  • Mengatasi stroke, 10 lembar daun salam dan 50 gram jantung pisang dibuat masakan sesuai selera lalu dimakan.
  • Bagi penderita kolesterol tinggi, 7 lembar daun salam dan 30 gram daun ceremai direbus dengan 600 cc air hingga tersisa 300 cc. Kemudian arinya diminum secara teratur. Untuk melancarkan peredaran darah, 7 lembar daun salam dan 30 gram daun dewa segar direbus dengan 700 cc air hingga tersisa 350 cc. Lalu ramuan disaring dan diminum sebanyak dua kali sehari.
  • Mengatasi radang lambung, 30 gram daun salam, 30 gram sambiloto kering, dan gula batu secukupnya direbus dengan 600 cc air hingga tersisa 300 cc. Kemudian airnya diminum untuk dua kali sehari. Lakukan secara teratur.
  • Untuk obat diare, 7 lembar daun salam direbus dengan 200 cc air selama 15 menit, tambahkan garam secukupnya. Setelah dingin disaring lalu airnya diminum. Ramuan lainnya, 7 lembar daun salam, 10 lembar daun jambu biji, 10 gram jahe, dan 1 buah kulit delima putih, dicuci bersih lalu ditumbuk halus. Tambahkan 200 cc air matang, disaring, lalu diminum.
  • Mengatasi gatal-gatal, daun atau kulit batang atau akar dicuci bersih lalu digiling hingga halus. Tambahkan minyak kelapa secukupnya, kemudian balurkan pada bagian yang sakit.
  • Sebagai obat kencing manis, 7 lembar daun salam dan 30 gram sambiloto direbus dengan 600 cc air sampai tersisa 200 cc. Setelah dingin disaring lalu diminum untuk dua kali sehari.
  • Sirsak
Sirsak sebagai obat asam urat bisa menjadi solusi yang mudah dan akurat. Obat asam urat ini bisa dengan mudah ditemui dan pengolahannyapun sangat sederhana. Anda tinggal langsung mengkonsumsi sirsak secara langsung ataupun membuatnya sebagai jus. Sirsak sebagai obat asam urat bisa dikonsumsi setiap hari.
  • Labu Siam
Obat asam urat ini sangat mudah ditemui di pasar tradisional karena dikenal sebagai sayuran. Cara mengolah obat asam urat ini tidaklah sulit. And cukup memarut labu siam dan kemudian menyaringnya. Airnya dapat menjadi obat asam urat yang manjur jika diminum secara teratur.
  • Cuka Apel
Obat asam urat ini sudah dijual instant di pasaran sehingga memudahkan anda untuk menggunakannya. Anda tinggal menambahkan madu untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Dua sendok makan cuka apel ditambah 1 sendok madu kemudian dicampur air hangat sebanyak 50 cc dapat menjadi solusi untuk meredakan asam urat dengan cepat. Obat asam urat ini akan berkhasiat jika diminum secara rutin selama satu minggu setiap pagi setelah bangun tidur dan malam hari sebelum tidur.


* Enjoy Misu*



Referensi :
http://fibri.wordpress.com/2008/03/25/daun-salam-untuk-obat-asam-urat/
http://www.dunia-ibu.org/artikel/kesehatan/obat-asam-urat-alami.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar