Senin, 13 Desember 2010

Pantangan Asam Urat >>> Makanan,,,

Makanan Pantangan Asam Urat & Makanan Yang Baik Dikonsumsi,,,

Berikut adalah ulasan singkat mengenai pantangan asam urat. Asam urat seperti kita ketahui bersama adalah penyakit yang dapat diperparah dengan konsumsi beberapa makanan khususnya yang mengandung purin. Sumber purin dari makanan harus menjadi perhatian penting bagi penderita asam urat.
Pantangan asam urat yang harus dihindari terutama makanan-makanan yang berkadar puring tinggi seperti hati, ginjal, makanan kaleng (seperti sarden, kornet sapi, dll), kaldu daging dan alkohol.
Beberapa jenis buah-buahan seperti durian, alpokat, air kelapa muda, emping melinjo, dll 

Ada pula beberapa pantangan asam urat berupa makanan yang mengandung purin dalam kadar yang sedang. Pantangan asam urat ini boleh
dikonsumsi sesekali karena jika terlalu sering juga akan dapat meningkatkan asam urat dalam tubuh.
Makanan yang mengandung purin dalam kadar sedang antara lain adalah daging sapi, daging ayam, dan daging bebek. Selain itu ada pula pantangan asam urat berpurin sedang yang berupa seafood. Seafood yang harus juga dihindari antara lain adalah udang, tiram, dan lobster.

Pantangan asam urat yang telah disebutkan di atas hendaknya dijadikan sebagai bahan pertimbangan diet. Pantangan asam urat berupa jeroan misalnya, harus mendapat perhatian khusus. Selain itu, pantangan asam urat berupa segala jenis makanan yang mengandung protein dan lemak tinggi juga harus dihindari. Hal ini dikarenakan, makanan yang mengandung protein dan lemak juga merupakan makanan penghasil purin. Namun demikian, makanan dengan kandungan protein dan lemak sangat penting bagi pemenuhan kebutuhan tubuh.

Makanan yang mengandung protein dan lemak tinggi sangat penting sebagai prekusor vitamin D, bahan pembentuk otak, jaringan saraf, tiroids, garam-garaman, dan membran sel yang sangat penting bagi tubuh. Untuk itu, pantangan asam urat ini tidak boleh ditinggalkan sama sekali tetapi konsumsinya harus dibatasi untuk mencegah tingginya kadar asam urat dalam tubuh. Meskipun pantangan asam urat secara umum adalah makanan berlemak dan berprotein tinggi, tetapi ada banyak sayuran yang juga merupakan pantangan asam urat.
Pantangan asam urat berupa sayur antara lain adalah kembang kol, bayam, buncis, dan asparagus. Untuk menghindari meningkatnya kadar asam dalam tubuh, pantangan asam urat seperti daun singkong, daun papaya, dan kangkung harus dihindari.

Untuk mendapatkan nutrisi purin yang aman, sebaiknya penderita asam urat lebih memilih mengkonsumsi makanan dengan purin yang rendah seperti makanan dari bahan susu, telur, sayur-sayuran yang tidak disebutkan, dan buah-buahan. Pantangan asam urat hendaknya tidak dihindari sama sekali. Penderita sebaiknya melakukan diet yang benar terhadap semua pantangan yang telah diulas dalam uraian ini.


Jenis makanan yang boleh dikonsumsi dalam jumlah sedikit antara lain :
  • Tahu dan tempe.
  • Ikan, daging kambing, daging ayam, daging sapi.
  • Beberapa jenis sayuran tertentu seperti kangkung, bayam, brokoli, dan tauge, daun pepaya, asparagus, kacang-kacangan, jamur.
  • Makanan berlemak seperti santan, margarine, mentega, atau goreng-gorengan. Lemak dapat menghambat pengeluaran asam urat lewat urin.
Jenis makanan yang boleh dikonsumsi adalah :
  • Keju, susu, telur.
  • Makanan sumber karbohidrat seperti beras, kentang, singkong, terigu, tapioka, hunkwe, makaroni, mi, bihun, roti, dan biskuit. Tetapi, karbohidrat sederhana golongan fruktosa seperti gula, permen, arum manis, gulali, dan sirop sebaiknya dihindari karena fruktosa dapat meningkatkan kadar asam urat.
  • Buah-buahan seperti semangka, melon, nanas, belimbing manis, dan jambu air. Buah-buahan lain juga boleh dimakan kecuali durian dan alpokat.

*Enjoy Misu*
Referensi :
http://www.dunia-ibu.org/artikel/kesehatan/pantangan-asam-urat-sebagai-pertimbangan-diet-bagi-penderita-asam-urat.html
http://www.dechacare.com/Pilihan-Makanan-Penderita-Asam-Urat-I607.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar